07
Apr

Yakin boleh, over confidence jangan.

Written by Gouw Tjie Liong, Ir., M.Eng, ChFC, PhD. Posted in Code of Ethics, Engineers, General, Life

Ada yang berkata jadilah engineer yang yakin dan meyakinkan. Kata kata yang ada benarnya tetapi juga perlu dilengkapi, agar tidak terjerumus menjadi terlalu yakin akan keyakinan sendiri. Bahasa sananya jangan menjadi over confidence. Sebab over confidence akan dapat membutakan mata dan menulikan telinga.

Ingat bahwa kita bukan satu-satunya orang pandai, masih ada orang-orang yang lebih pandai dari kita. Kita juga bukan dewa, tidak mungkin kita bisa menguasai suatu bidang ilmu hingga kita betul betul tahu semua aspek ilmu tersebut, dari akar, cabang, hingga rantingnya kita kuasai.

Bagi saya, kata yakin dan meyakinkan tersebut tidak boleh ditelan bulat bulat begitu saja. Dan perlu dijabarkan sbb:

Tingkatkan kompetensi setiap hari, periksa diri apakah yang kita yakini sebagai suatu kebenaran tidak ada kekurangannya. Kita harus dapat memahami dimana kekuatan dan kekurangan kitta sendiri.

Boleh yakin dengan kebenaran kita dan berusaha meyakinkan lawan bicara. Tetapi tidak berarti kita yang paling benar. Sebab lawan bicara kita juga punya kebenaran tersendiri, walau mungkin dari sudut pandang yang berbeda.

Ingat bahwa secarik uang atau sebuah koin uang selalu terdiri dari dua sisi.

Jadi yakin dan meyakinkan boleh, tetapi juga harus pasang telinga dan mata. Karena itu alam menganugrahkan kita dengan satu mulut dan dua telinga serta dua mata. Bukan dua mulut, satu telinga, dan satu mata.

Itu pendapat saya, tidak masalah bila kurang atau tidak sependapat.

GTL, 210321

28
Feb

Jual Beli SKA?

Written by Gouw Tjie Liong, Ir., M.Eng, ChFC, PhD. Posted in Code of Ethics, Engineers, Problems of Engineers

Ada pembicaraan di suatu group WA. Ada yang mengatakan terjadi juga jual beli SKA. Berikut komentar saya. Kalau jual beli ya tahu sendirilah. Makanya saya bilang Indonesia perlu pelajaran yang mahal.

Dulu pelajaran gedung Sanno di Pluit tahun 91 pas Tahun Baru tiba tiba miring sampai besar sehingga terpaksa dirobohkan. Sayang tidak di expose dan tidak sampai masuk pengadilan untuk mencari dimana letak kesalahan dan siapa yanv bertanggung jawab. Juga ada bbrp kasus robohnya galian dll, namun seringkali tidak terekspos untuk pelajaran bersama.

Di kita sini belum ada contoh dimana enjinir dicabut lisensi (SKA) nya seumur hidup atau bahkan masuk penjara sehingga ada efek jera. Terkadang sadar atau tidak sadar seseorang merasa bisa semua hal. Merasa menguasai atas bawah, kiri kanan. Merasa sudah mampu punya SKA bidang XYZ misalnya.

Padahal coba tanya diri sendiri, ada berapa buku yang anda baca dari awal sampai akhir di bidang XYZ itu. Atau bahkan di bidang yang anda sekarang sudah punya SKA utama. Seberapa anda menguasai suatu bidang. Sekalipun itu bidang anda sendiri? Apakah anda berani menjawab anda tahu semua?? Dan apakah anda berani menjawab bahwa anda menguasai bidang XYZ sama baiknya dengan bidang yang anda sudah punya SKA golongan utama sehingga anda juga ingin SKA utama bidang XYZ?

Ada baiknya sekali waktu ikut jawab ujian ujian sekolah S2. Lihat seberapa yg anda kuasai? Saya yg sudah mulai konsentrasi belajar geoteknik sejak 82 masih tidak berani bilang saya menguasai semua.

Contoh saja: saya mengajar critical state soil mechanics, pas ikut quiz di salah satu  international dari 40 pertanyaan ada 3 pertanyaan yang terkecoh.

Bagi yang ingin tahu dan mau coba2, ini bbrp pertanyaan off hand:

1. Apakah yield surface sama dengan faikure surface?

2. Tanah overconsolidated apakah mempunyai failure surface yang sama dengan tanah NC?

3. Kalau no 3 jawabnya sama, lalu mengapa? Kalau tidak sama lalu bagaimana seharusnya??

4. Apa nama failure surface tanah yg OC?

5. Apakah critical state line itu?

6. Apakah bidang keruntuhan Mohr Coulomb selalu linear? Kalau tidak mengapa?

7. Apakah tanah lempung selalu mempunyai kohesi? Kalau ya mengapa dan kalau tidak mengapa?

8. Dari mana kohesi itu ada?

9. Apakah state parameter?

10. Bagaimana cara memeriksa apakah saturasi (derajat kejenuhan) yg dilaporkan dalam tabel penyelidikan tanah itu benar atau tidak?

Itu saja dulu….

Jangan bilang itu gak ada hubungan dengan praktek!! Dalam hal tanah-tanah bermasalah itu menjadi sangat penting dalam menentukan analisis apa yang harus dilakukan.

Mohon maaf,  tidak salah ingin punya SKA lengkap dan ingin yg utama. Tapi ingatlah kemampuan kita dan waktu kita terbatas. Saya sih mengaku saya bukan dewa yang serba bisa.

GTL, 200916

28
Feb

Tabu Membongkar dan Mengakui Kesalahan?

Written by Gouw Tjie Liong, Ir., M.Eng, ChFC, PhD. Posted in Code of Ethics, Engineers

Pagi ini di satu group WA ada yang menulis:

Komnas HAM berkesimpulan bahwa dua belah pihak sama sama salah dalam kasus tewasnya 6 orang anggota FPI ditembak polisi.

Lalu ada komentar: CARI AMAN! tidak tegas.

Di bumi pertiwi tercinta ini kok sering kali banyak kasus tidak diungkap secara tuntas, baik itu politik (ribut-ribut hingga rusuh), ekonomi (bank/asuransi dll yang bangkrut), korupsi dan lainnya.

Contoh: G30S yang sekarang konon katanya kudeta padahal dalam sekolah kita diajarkan itu PKI; Kerusuhan 13-15 Mei, Semangi 1 dan 2, Ketapang yg semua itu di 1998.

Kok di negara kita ini banyak sekali kasus yang hilang tak jelas apa sebab musabab sebenarnya dan siapa dalang atau orang yang paling bertanggung jawab dibalik peristiwa-peristiwa yang tidak enak bagi bnyak orang itu? Yang terlihat hanya akibat (korban/kerusakan/keresahan) saja.

Hal ini juga terbawa ke dunia konstruksi di dunia kita, di dunia enjiniring. Hampir tak ada laporan pasti apa sebab keruntuhan dan pihak mana yang bertanggung jawab. Sama seperti kasus-kasus politik, korupsi, dll,  ramai dibicarakan di awal, lalu kemudian masuk peti es. Hilang tak berbekas malah. Peti es-nya saja tak kelihatan. 😀🙁

Mengapa bangsa kita seolah tidak berani mengungkap dan mengakui kesalahan? Tidakkah lebih baik mengungkap dan membuka semuanya? Agar kita bisa belajar dari kesalahan dan agar generasi kemudian bisa lebih baik dan tidak melakukan kesalahan yang sama.

GTL, 200109

Geotechnical & Motiviational Course

  • Soil Mechanis
  • Soil Investigation
  • Foundation Engineering
  • PIT, PDA, Sonic Logging
  • Slope Stabilization
  • Geotechnical Instrumentation
  • Deep Excavation
  • Ground Improvement
  • Geotechnical Instrumentation
  • Earthquake
  • Liquefaction Analysis
  • Application of Geotechnical Software
  • Other Geotechnical Course

Learn more

Motivational Course

  • Cultivating Engineering Judgment
  • The Problem of Engineer
  • How I Present Myself
  • Light Up
  • Toward Successful Engineering Career
  • Pressure lead to Success
  • The Up and Down of My Life
  • Theory of Emptiness
  • Turning Thought into Reality
  • Young Engineer